Khairul Muhtar, Usul Jalan Desa Sebagai Solusi Untuk Tembus 4 Desa di Belimbing

Spread the love

Pesisir Barat– Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melaksanakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ,Hidup Sehat Dan Produktif di Era Kebiasaan Baru di Pekon Sumber Rejo, Bangkunat Kabupaten  Pesisir Barat (06/12/2022).

Khairul Muhtar, SE.MM Anggota DPR RI Komisi IX, dapil Lampung 1 menjelaskan kegiatan ini adalah kemitraan antara eksekutif dan legislatif. “Kita berharap ini satu kerjasama yang baik agar masyarakat terus mendapat edukasi dan juga pencerahan pengetahuan tentang kesehatan, itu saja intinya,” jelas Khairul.

Khairul Muhtar mengungkapkan komitmen DPR RI bersama pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan semakin memperkuat kemitraan.

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Barat, A Zulqoini Syarif, SH yang ikut dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi dan sangat berterima kasih atas upaya kemitraan yang harmonis ini.

“Apalagi, Pak Khairul Muhtar ini adalah Putra Krui, kami berharap, harapan masyarakat di Krui ini bisa diupayakan maksimal, tentu sesuai bidang komisinya Pak Khairul.” Ungkap Pun Zulqoini.

Dalam kegiatan di Pekon Sumber Rejo, Khairul Muhtar sempat menyinggung persoalan terisolirnya 4 desa yang ada di marga Belimbing, dan kebetulan juga Wabup Pesisir Barat ini, juga Tokoh Adat marga belimbing.

“ Tentu, saya berjanji akan membantu terkait terisolirnya marga belimbing ini. Dan ini adalah kewajiban konstitusi saya sebagai anggota DPR/MPR RI.,” Ujar Khairul Muhtar.

Masih lanjutnya, dalam arsip pemerintah hindia belanda dulu, yang termaktub dalam laporan Residen Benkoelen, Belimbing adalah salah satu Distrik yang masuk wilayah administrasi Afdeling Kroe/Krui, pada tahun 1911, wilayah Distrik Belimbing (Way Haru, Bandar Dalam Dan Labuhan belimbing) luas  617,3 km2, dan jalan penghubungnya cukup baik untuk ukuran waktu itu.

Arsip Belanda 1911

Namun setelah adanya konservasi alam ini, malah masyarakat marga belimbing seperti terisolir, tentu ini harus ada upaya penyelesainnya. Dan ada usulan tentang dibangunnya jalan desa, bukan jalan patrol seperti saat ini.

“Saya akan mendorong PemKab. Pesisir Barat untuk segera menindaklanjuti usulan Jalan desa ini” ungkap Khairul Muhtar.

“Saya akan mempelajarin regulasinya, dan mudah mudahan keterisoliran masyarakat belimbing bisa teratasin, masa sih zaman kolonial masyarakat bisa menikmati hubungan dengan luar dengan baik, malah ketika merdeka, kita malah terisolir,tutup Khairul Muhtar. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *