Potensi Pariwisata Kabupaten Pesawaran Terus Di Optimalkan

Spread the love

Trabass.Net.Pesawaran – Potensi Pariwisata Kabupaten Pesawaran terus dioptimalkan melalui berbagai ajang promosi agar dikenal luas oleh wisatawan baik lokal maupun luar kabupaten pesawaran itu sendiri.
Kabupaten Pesawatan telah mendapat Penghargaan Juara Harapan 2 dengan katagori Desa Wisata Maju – Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang di wakili oleh Desa Pulau Pahawang .Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Minggu (30/10) malam di Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Ketut Partayasa melalui Kabid Destinasi Wisata, Yudiana menyebutkan ada tujuh kategori penilaian dalam ajang tersebut.

“Tujuh kategori yang dinilai dalam proses penjurian adalah daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability), digital dan konten kreatif, dan kelembagaan. Selain itu, ada juga pemenang tiga klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang, dan maju,” kata Yudiana, Senin (31/10/2022).

Menurut Yudiana, Desa Wisata Pulau Pahawang menempati urutan kelima. Sementara Juara satu Desa Wisata Semen Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Juara dua Desa Wisata Sudaji Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Kemudian, Juara tiga Desa Wisata Udisan Kabupaten Bangli, Bali, juara harapan satu Desa Wisata Kampung Ugar Kabupaten Pak Pak, Papua Barat. Juara harapan dua Desa Wisata Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran.

Sebelumnya, pada April 2022 lalu Kabupaten Pesawaran yang diwakili Desa Pulau Pahawang masuk dalam 50 besar ADWI 2022. Pulau Pahawang juga mewakili Provinsi Lampung dalam ajang tersebut.

“Desa Pahawang bersaing dengan 3.419 peserta desa wisata dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia,” Timpalnya.

(Bir)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *