DISKES PESAWARAN TINDAK LANJUTI SE.KEMENKES SR.01.05/111/3461/2022.

Spread the love

Trabass.Net.Pesawaran– Menindak lanjuti Surat Edaran (SE) Kemenkes tanggal 18 oktober nomor; SR. 01.05/III/3461/2022, terkait kewajiban penyelidikan Rapidiomologi dan Pelanggaran Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal pada anak.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran gerak cepat (gercep) menurunkan Tim guna melakukan sidak kesejumlah Klinik dan Rumah Sakit (RS) dan juga Apotik-Apotik yang ada diwilayah Kabupaten Pesawaran.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, dr Media Apriliana M.K.M Sidak di lakukan untuk mengantisipasi sekaligus pengawasan terkait peredaran Dry Sirup yang dikhawatirkan bakal menjadi pemicu terjadinya pelanggaran kasus gangguan ginjal akut progresif pada anak.

” Sesuai Surat Edaran Kemenkes, kami (Diskes) juga sudah mengeluarkan Surat Edaran yang sama diminggu lalu tepatnya tertanggal 20 Oktober. Dan tim sudah turun kelapangan untuk melakukan sidak pada sejumlah Klinik dan Rumah Sakit juga apotik yang ada di kabupaten pesawaran,” Ujar dr Media Apriliana.M.K.M.Rabu (26/10/2022).

Ditemui diruang kerjanya dr Media mengatakan, sidak yang dilakukan Diskes juga turut menggandeng dari pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Pesawaran.

Dan dari hasil laporan tim diakuinya tidak lagi ditemukan adanya penjualan atau pemberian Dry sirup baik oleh Rumah Sakit dan Klinik maupun Apotik yang ada di kabupaten Pesawaran.

” hingga sampai hari ini sidak yang dilakukan tim terus berjalan, dan berdasarkan laporan tim pihak RS maupun Klinik tidak lagi melakukan pemberian sirup yang dilarang tersebut, dan terhadap apotik kita melakukan pengawasan ketat, sehingga klo nanti masih ada ditemukan ada apotik yang masih melanggar dari ketentuan kita akan terapkan sangsi tegas, ” Terang dia.

Selanjutnya dr.Media mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait hal kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal yang diakibatkan oleh sirup botol tersebut.

” Sejauh ini belum ada informasi maupun laporan terkait adanya anak yang mengalami gangguan ginjal akut, untuk diwilayah Pesawaran,” Pungkasnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Pesawaran dr.Media Apriliana.M.K.M menghimbau kepada orang tua apabila ada anaknya yang dicurigai atau mengalami gangguan ginjal akut agar tidak panik, segera konsultasikan dan dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. (Bir)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *