Jum. Sep 30th, 2022
Spread the love

Trabass.net — Pesibar — Jedar Kepo adalah suatu trobosan atau inovasi pelayanan public dibidang kesehatan Yang menangani penyakit Tuberculosis yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Jedar Kepo Sendiri merupakan singkatan dari Jemput Dahak rame – Rame Ke Pekon yang digagas oleh seorang perawat Desi Andriani Amd. Kep yang bekerja di Puskesmas Bengkunat Belimbing. Ide ini muncul karena indeks Keluarga Sehat dengan indikator penderita TB mendapatkan pengobatan sesuai standar masih sangat rendah
Tuberculosis adalah penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis, bakteri ini dapat menyerang berbagai organ terutama paru paru.

Di Indonesia Jumlah Kasus TB pada tahun 2017 sebanyak 842 ribu kasus dan berada di urutan ketiga setelah India sebanyak 2,4 juta kasus dan Tiongkok sebanyak 889 ribu kasus kasus ( Sumber WHO,2018) sedangkan di Indonesia pada Tahun 2022 jumlah kasus TB mencapai 824 ribu dengan kematian 93 ribu per tahun setara dengan 11 kematian perjam. (Sumber Kemenkes ).

Mengingat pentingnya pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut tentu saja pemerintah berupaya untuk menurunkan penderitaTB di Indonesia. Yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 tahun 2019 Tentang Standar Tekhnis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, dan Permendagri Nomor 59 tahun 2021 Tentang Penerapan Standar Pelayanan Minimal serta telah menjadi Indikator Keluarga Sehat
Factor dimana penyebab masih rendahnya penderita TB yang mendapatkan Pengobatan sesuai standar dikarenakan pengetahuan masyarakat suspek TB enggan berobat dan cek dahak dikarenakan malu, akses menuju ke puskesmas jauh / sulit dijangkau sehingga munculah ide untuk memberikan kemudahan dengan cara mendatangi orang orang yang terduga TBC di wilayah Kerja UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing.

Kegiatan inovasi ini bekerja sama dengan Pekon Pekon yang kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap warganya yang menderita ataupun orang yang terduga TB

Pada Tahun 2019 UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing Melaksanakan Kegiatan PIS – PK di 14 Pekon wilayah Kerja Puskesmas . Khusus pada Pekon Suka Negeri , Penyandingan, Sumber rejo dan Pemerihan terdapat 30 KK penderita TB paru yang belum mendapatkan pengobatan sesuai standar dan setelah dilakukan Survey Mawas Diri terdapat 26,5% tidak mau berobat dan cek laboratorium kemudian Inovasi ini diterapkan pada tahun 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan indeks Keluarga Sehat di wilayah Kerja UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing Khusunya Pekon Suka Negeri , Penyandingan, Sumber rejo dan Pemerihan . Pada tahun 2020 inovasi Jedar Kepo mampu Menaikan capaian pelayanan kesehatan TB menjadi 100 %.

Terbukti Inovasi Jedar Kepo sangat efektiv dalam upaya pencapaian pelayanan kesehatan Tubuerculosis di wilayah Keraja UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing, dan masih berjalan sampai dengan sekarang. Tak heran jika inovasi Jedar Kepo Menjadi Juara Pertama dalam Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020 Kategori Tenaga Perawat (Dani)

Print Friendly, PDF & Email

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.