Spread the love

Trabass.net — Pesibar — Menyambut Pemilu 2024 yang tahapannya sudah dimulai 14 Juni 2022, jajaran Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat kini mulai menyiapkan pembentukan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Untuk mematangkan hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Lampung Barat sebagai institusi yang tergabung di dalam sentra Gakkumdu.

Kehadiran Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat di Kejaksaan Negeri Lampung Barat diterima langsung oleh Kajari Lampung Barat Deddy Sutendy, SH,.MH didampingi Rahmat Efendi, SH.,MH (kasipidum) danYayan Indriana,SH.,MH (kasidatun).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah menjelaskan koordinasi ini bagian dari tindaklanjut Surat Ketua Bawaslu Republik Indonesia 247/PP.00.00/K1/07/2022 tentang Persiapan Pembentukan Anggota Sentra Gakkumdu Provinsi, Kabupaten/Kota.

“Salah satu poin kerjasama antara Bawaslu dan Polri adalah penguatan Sentra Gakkumdu, sehingga melalui koordinasi ini Bawaslu berharap dapat terbangun sinergitas yang baik antara Bawaslu dan Polri serta kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu,” jelas irwansyah (27/7/2022).

Sementara itu Anggota Bawaslu Pesisir Barat Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Abd. Kodrat mengapresiasi peran-peran kejaksaan yang tergabung dalam sentra Gakkumdu pada pemilu 2019 dan pilkada 2020 lalu yang sukses mengawal pemilu dan pemilihan.

“Tentu kita berharap kepada personil yang nantinya ditugaskan oleh Kajari Lampung Barat dapat membangun sinergitas dalam melakukan penegakan hukum pemilu khususnya tindak pidana pemilu,” ujar Kodrat.

“Insya Allah juga nantinya ke depan kita melakukan penyamaan persepsi dalam persiapan Sentra Gakkumdu maupun pengamanan Pemilu serentak 2024,” tambahnya.

“Hari ini menjadi koordionasi awal bersama dalam rangka persiapan pembentukan Gakkumdu Kabupaten Pesisir Barat untuk penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024,” tutup Kodrat.

Diwaktu yang sama Dedi Sutendi Kajari Lambar mengatakanTerimakasih atas kedatangan BawaslunPesisir Barat, ini merupakan awal dari kerja sama kita. Kejaksaan Negeri Lampung Barat siap bersinergi dalam penanganan penanganan pelanggaran Pidana Pada Pemilu 2024 nanti khsusunya diwilayah kabupaten pesisir barat Ujar Dedy. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.