Spread the love

Trabass.net — Pesibar — Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis Persiapan Penanganan Pelanggaran Tahapan Pendaftaran Partai Politik Dan Pemutahiran Data Pemilih Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 Gelombang II dihotel Mercure Bandung City Centre Kota Bandung , Jawa Barat (20-22 juli 2022).

Pada acara tersebut Bawaslu mengundang 9 Bawaslu Provinsi dan 156 bawaslu Kabupaten/kota se Indonesia untuk menjadi peserta.

Anggota Bawaslu Puadi mengatakan saat ini ada empat rancangan peraturan Bawaslu (Perbawaslu) yang dikonstruksi ulang penormaannya, serta satu rancangan Perbawaslu baru terkait penanganan pelanggaran. Salah satu rancangan Perbawaslu baru itu, ujar dia terkait investigasi.

“Urgensinya untuk meningkatkan kapasitas pengawas pemilu dan menguatkan proses penanganan pelanggaran,” ungkap Puadi saat Rakernis Persiapan Penanganan Pelanggaran Tahapan Pendaftaran Partai Politik dan Pemutakhiran Data Pemilih Gelombang II, Rabu (20/7/2022).

Dilain kesempatan, Abd. Kodrat selaku anggota Bawaslu Pesisir Barat yang juga sebagai peserta rakernis menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemetaan terhadap potensi pelanggaran pemilu dan tahapan verifikasi partai politik dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“pada rakernis ini bawaslu provinsi dan bawaslu kabupaten/kota yang diundang menjadi peserta adalah untuk sama-sama mencari solusi dasar hukum serta langkah taktis dan srategi bawaslu berkenan penanganan pelanggaran pemilu dalam tahapan verifikasi parpol dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.” ungkap kodrat (Red)

Print Friendly, PDF & Email

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.