Rab. Jun 29th, 2022
Spread the love

Lampung Utara.Trabass net — Dihadiri Camat Kebun tebu, Kabupaten Lampung Barat Ernawati, S.E., Pemerintah Pekon Muarabaru, menyalurkan 30.000 bibit ikan nila dan lele, berikut kepada Tiga Puluh, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertempat di balai pekon setempat, Kamis (14/4/2022).

Bibit ikan berikut pakan yang disalurkan tersebut merupakan kegiatan ketahanan pangan bidang hewani, dari Program Ketahanan Pangan dari Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (2022) sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021 tentang pemanfaatan 20% Dana Desa untuk Program Ketahanan Pangan.

Dalam sambutannya Ernawati, menyambut baik terkait program ketahanan pangan hewani yang diluncurkan Pemerintah Pekon Muarabaru, sebagaimana kriteria yang ditentukan oleh pemerintah yang sasarannya untuk peningkatan dan perbaikan ekonomi serta dalam peningkatan gizi masyarakat. Oleh sebab itu ia berpesan, program itu bisa berlanjut bukan dalam artian tahun depan diberikan bantuan lagi.

Melainkan bantuan yang disalurkan dapat dikembangkan menjadi lebih besar. “Anggap bantuan ini menjadi dana stimulan, yang menjadi modal masyarakat mengembangkan usaha,” pintanya.

Sementara dikemukakan Peratin Sanan, dengan program ketahanan pangan yang mulai dilaksanakan tahun ini, diharapkan kedepannya mampu membuat warga tidak lagi ketergantungan dengan bantuan sosial (bansos) pemerintah seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bentuk lainnya.

Serta tidak sepenuhnya lagi ketergantungan dengan pasar, untuk mencukupi kebutuhan dapur.“Kita mendistribusikan 30.000 bibit ikan, untuk KPM prioritas yang belum menerima bantuan sosial, dengan besaran per Kepala Keluarga akan menerima 1.000 ekor dan pakan dua kampel,” terang Sanan.

Bantuan bibit dan pakan tersebut, ditargetkan menjadi usaha berkelanjutan warga. “Bantuan ikan dan pakan ini jadi modal awal warga dalam budidaya ikan, sehingga secara kontinyu terus berkembang,”ujarnya di ruang kerja. Selasa, 17 Mei 2022. (Hendrik)

Print Friendly, PDF & Email

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.