Sen. Mei 23rd, 2022
Spread the love

Trabass.Net.Pesawaran – Bupati Pesawaran hadiri sekaligus Pimpin Rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Pesawaran Tahun 2023. Di Banjaran Kecamatan Padang Cermin,(Senin 14 Februari 2022).

Bupati Pesawaran menyampaikan ,dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan kali ini juga akan dilaksnakan Peresmian Rumah Desa Sehat (RDS) sebagai Sekretariat Bersama mendukung Konvergensi Pencegahan stunting di desa.

” Peran Desa dengan adanya RDS ini diantaranya dengan melakukan pemetaan sosial melalui pendataan sasaran, pendataan layanan, potensi desa dan kebiasaan perilaku sehat kebiasaan masyarakat” Ujarnya.

“Hal ini selaras dengan Tema Pembangunan Tahun 2023, yaitu Mengoptimalkan Pelayanan Publik, melalui Akses dan Kualitas Layanan yaitu pemenuhan 5 (lima) paket layanan dasar pencegahan stunting, meningkatkan dukungan anggaran rutin desa, serta monitoring partsipatif dan advokasi penyediaan layanan.

Selanjutnya, Kemandirian Desa yaitu peningkatan peran dan kapasitas (kesiapan) setiap pelaku di Desa, Kemandirian layanan berbasis masyarakat, serta keberlanjutan gerakan bersama; Rencana Aksi Desa, Sekretariat Bersama dan Regulasi Desa” Timpal dia.

Bupati juga mengatakan, keberadaan RDS ini juga bagian dari upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pesawaran, yang dapat memberikan informasi penduduk miskin di lingkungan masing-masing secara factual, dalam menjawab tantangan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pesawaran.

“Penanggulangan kemiskinan memerlukan upaya dan langkah taktis yang dilakukan secara bertahap, terencana, menyeluruh, terukur dan berkesinambungan, serta menuntut keterlibatan semua pihak. Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah dan terus melakukan kolaborasi melalui inovasi.

“Berkah Benar Berkat Bapak Siji” dengan implementasi membentuk Satgas Percepatan Penanggulangan Kemiskinan sampai dengan tingkat desa dengan melibatkan pemerintah desa, BAZNAS Kabupaten Pesawaran, masyarakat dunia usaha, karang taruna dan pemangku kepentingan lainnya. Satgas desa bertugas mengkoordinasikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan di tingkat desa” Jelas Bupati.

Bupati berharap agar para camat lebih cepat tanggap terhadap situasi dan kejadian yang ada di wilayahnya dengan senantiasa memantau situasi dan kondisi wilayah masing-masing, Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kita dan Agar senantiasa menjaga kondisi yang kondusif di wilayah masing-masing, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berkesinambungan. (Rls/Bir)

Print Friendly, PDF & Email

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.