PAC.PP Punduh Pidada Tuding Pekerjaan Irigasi Way Sebelanga Siluman

Spread the love
97 Dilihat Dan Dibaca

TRABASS.NET – PESAWARAN — Di Duga Pekerjaan Tak Bertuan alias Siluman , PAC Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran Mengkritisi Pekerjaan Hehabilitasi Irigasi way Sebelanga cekiri Desa Bawang Tak memasang Plang serta Tak ada pengawas. Selasa (08/06/2021).

PAC.Pemuda Pancasila Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran yang di Ketuai Yudi Indrawan Mengkritisi Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Way Sebelanga cekiri milik Dinas PUPR Pesawaran yang tidak memasang Plang Proyek serta tidak di temukannya Pengawas di lokasi pekerjaan .

“Kami telah melakukan pengecekan di lokasi pada Jum,at 04 Juni .2021 lalu , dan di temukan adanya  proyek Rehabilitasi Daerah Irigasi Way Sebelanga Cekiri, tepatnya di Dusun Mulyosari Desa Bawang, Kecamatan punduh Pedada Kebupaten setempat. Namun sayangnya kami tidak menemukan adanya plang papan nama keberadaan proyek ini.” Ungkap Ketua PAC.PP Punduh Pidada Yudi Indrawan.

“Ya,proyek ini kami katakan proyek “siluman “,karna plang papan proyek saja tidak ada padahal sudah jelas plang proyek wajib di pasang ,”kata Yudi Indrawan kepada wartawan saat di hubungi melalui WhastAppnya Sabtu (05/06/2021) kemarin.

Dirinya menjelaskan bahwa sudah jelas pelaksanaan pekerjaan proyek negara, papan proyek diharuskan ada terdapat pada lokasi pekerjaan, karena merupakan kewajiban sesuai dengan Kepres No.80 tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sehingga masyarakat akan mudah melakukan pengawasan terhadap proyek yang sedang dikerjakan.

“Nah,bagaimana proyek ini bisa di awasi oleh masyarakat sementara plang papan nama tidak terpasang padahal sudah kurang lebih 15 hari di kerjakan.Jadi dengan ini juga ada dugaan keberadaan proyek ini akan terjadinya kerugiann uang negata karna ketidak ketrnsparanan dari pihak kontraktor,”jelasnya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa salain adanya masalah ini ada masalah lain yang akan di koordinasi dengan dinas terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR ) Pesawaran, karna berdasarkan aturan adanya proyek irigasi  ini harus melibatkan seluruh anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Desa setempat. 

“Hal itu juga yang perlu kita tanyakan  apakah anggota P3A Ini di libatkan atau tidak. Ya,mungkin dalam waktu dekat ini kita PAC PP akan segera melakukan koordinasi dengan kepala Dinas PU PR Pesawaran Zainal Fikri,”pungkasnya

Selanjutnya Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pesawaran Zainal Fikri ST.MM menanggapi secara Positif perihal Tersebut.
“sekarang kabid-kabid saya suruh monitor di lapangan saya perintahkan bongkar , mengenai Plang Ada.” Kata Kadis PUPR Pesawaran Zainal Fikri saat di temui di Area Sekertariat Pemkab.Pesawaran.

Mengenai Pengawasan dari Dinas PUPR sendiri Beliau mengakui karna keterbatasan personel , untuk pihak konsutan pelaksanaan Fikri akan berkoordinasi apabila pelaksanaan di lapangan masih di temukan pelanggaran maka Pihaknya akan abil tindak tegas.

“kalau pengawasan ini masih kita tegur juga konsultan pengawas , kalau pengawas dari PU kan terbatas personel tidak mungkin tiap hari disana tapi kita akan epektifkan konsultan pengawas dari konsultan pengawas karna mereka kita bayar gitu lo karna seyokyanya mereka yang stand by di sana , itu nanti akan kita tegur konsultannya.” Ungkap Fikri.

“mengenai teguran dan sangsi bagi rekanan itu pasti namun melalui tahapan-tahapan kalau di lapangan nanti kita intruksikan pekerjaannya seperti apa.” Katanya.

Mengenai masukan informasi dari masyarakat baik itu Media Maupun LSM Zainal Fikri sangat berterimakasih atas masukannya karna ini juga bentuk pengawasan dari masyarakat terhadap pembangunan yang menggunakan Anggaran Negara.

“kita sangat berterimakasih kepada teman-teman Ormas dan LSM yang sudah turut serta dalam pengawasan membantu memantau pekerjaan di lapangan , ya kerjaan saat berlangsung kami terimakasih sekali kawan media turut mengawasi karna Tugas Fungsi Selaku Sosial Kontrol.” Ujar Zainal Fikri. (Bir).

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *