Petinggi – Petinggi Lampung Hadiri Agrowisata Melon Semangka Sekaligus Launching (PESAN KITA)

Spread the love
69 Dilihat Dan Dibaca

TRABASS.NET | PESAWARAN – Pembukaan Agrowisata Melon-Semangka Sekaligus Launching Pesawaran Trans Kawula Dan Wisata (Pesan Kita) Di Kebun Agrowisata Horti Park, di Holtipark Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran di hadiri Pejabat Tinggi provinsi Lampung. Selasa (18/08/2020).

Diantara Pejabat Tinggi Provinsi Lampung yang hadir dalam Panen Perdana di kebun Agrowisata Horti Park antara lain, Gubernur Lampung (Ir. H. Arinal Djunaidi), BUPATI Pesawaran (H . Dendi Ramadhona K.ST.M.Tr.IP), Kapolda Lampung (Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto M.SI), Danrem 043/ Gatam (Brigjen TNI Toto Junariono), Komisaris Utama BUMD Pesawaran (Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S), Dirut BUMD Pesawaran (Ahmad Muslimin).

Juga turut hadir Pejabat di lingkungan Pemda Pesawaran yaitu, Asisten II Bidang ekobang (Drs. Pathurozi), Ka. Bapenda (Wildan, S.E.,M.M), Ka. Bapedda (Fisky Virdous, S.Hut), Kadis Pertanian (Anca Martha Utaman S.STP, M.M,M.P), Kadis Ketahanan Pangan (Awaludin, S.E.,M.M), Kadis Perindag (Sam Herman, S.E., M.M), Kadis Koperasi UMKM (Rohana Sri Hartati, S.Sos), Kadis PUPR (ZAINAL FIKRI, S.T., M.M.), Kasat Pol PP (Drs. Effendi, M.M), Kadis Perhubungan (Ahmad Syafei, S.Pd, M.Pd), Kabag Perekonomian (Merni Litayanthi, S.E,M.M), Kabag SDA (Anggun Saputra, S.E., M.M), juga Camat Gedong Tataan (Drs. M. Iqbal, M.M) dan Kades Negeri Sakti (Gema Sukmajaya) juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Dari perwakilan PT. Superindo Lampung ,PT. Indomarco Lampung,PT. GGP (Great Giant Penapple) Lampung dan para Petani Melon & Semangka Pesawaran serta Tamu undangan dan Tim Medis dari Puskesmas Berenung juga turut hadir.

Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona K.ST.MTr.IP dalam sambutannya di acara panen perdana ini mengatakan, konsep pembangunan pertanian saat ini tidak hanya berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan pangan semata melalui peningkatan produksi, akan tetapi sudah berorientasi kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat tani melalui peningkatan pendapatan.

Hal ini sejalan dengan Program Gubernur Lampung di Sektor Pertanian yaitu Petani Berjaya, dimana petani dituntut untuk menciptkan peluang bisnis dari usaha taninya, sehingga tidak hanya berorientasi usaha tani subsistem tetapi sekaligus berpikir skala ekonomi dari usaha tani yang dilakukannya. ” Untuk itu diperlukan terobosan dalam hal pemilihan komoditas pertanian untuk dikembangkan dengan pertimbangan tingginya permintaan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Komoditas hortikultura merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi dan permintaan yang tinggi seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

Tingginya permintaan terhadap buah dan sayur, tidak dibarengi dengan peningkatan produksi komoditas hortikultura di dalam negeri, sehingga produk impor buah dan sayur memenuhi pasar dalam negeri.”Kata Dendi.” Pemerintah Kabupaten Pesawaran melihat peluang usaha dari komoditas hortikultura ini, karena secara geografis dan kondisi alam sangat mendukung untuk pengembangan kawasan hortikultura, terutama bagi buah tropis, antara lain Melon dan Semangka.

Komoditas Melon dan Semangka di Provinsi Lampung saat ini di dominasi oleh tiga kabupaten, yaitu Lampung Tengah, Lampung Timur dan Kota Metro. Jika melihat potensi alam yang ada di Kabupaten Pesawaran, kita dapat meyakini bahwa Kabupaten Pesawaran dapat ikut berkontribusi kepada ketersediaan buah tropis di Provinsi Lampung bahkan bukan tidak mungkin untuk wilayah Indonesia, yang saat ini didominasi oleh petani di Pulau Jawa.”Ungkapnya. “Panen Perdana dan Pembukaan Agrowisata Melon- Semangka ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam hal ini Dinas Pertanian dan BUMD bersama dengan kelompok tani Barokah Kresna.

Saya menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh BUMD dan Kelompok Tani Barokah Kresna dalam upaya mengembangkan komoditas hortikultura yang penanamannya sudah dimulai dari Bulan Juni, dengan luas tanam Melon seluas 1 Ha dengan varietas Rock, Golden, dan Sky, sementara luas tanam Semangka seluas 3,5 Ha yang diperkirakan produksi Melon sebesar 40-50 ton/ha dan Semangka sebesar 15 ton/ha. Ini merupakan langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Pesawaran sebagai salah satu wilayah penghasil Melon dan Semangka dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Pesawaran.”Terangnya.

“Di masa mendatang diharapkan akan muncul lebih banyak komoditas hortikultura lain, sehingga dari sektor pertanian Kabupaten Pesawaran tidak hanya dikenal sebagai penghasil komoditas tanaman pangan, tetapi juga penghasil komoditas hortikultura. Tidak lupa saya mengharapkan kerjasama dari pihak ketiga untuk dapat memfasilitasi sarana produksi dan terutama pemasaran hasil petani.”Pintanya.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan selalu mendukung aktivitas yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat petani melalui bimbingan dan fasilitasi sehingga visi pembangunan di bidang Pertanian yaitu Petani yang makmur dan sejahtera serta terciptanya optimalisasi Sumberdaya Alam untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud”.

Acara pada hari ini tidak terlepas dari peran serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Pesawaran, PT. Aneka Usaha Laba Jaya Utama, yang mana didirikan dengan tujuan sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk menggali potensi yang ada agar dapat berkembang dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi di Kabupaten Pesawaran. Core bisnis BUMD ini terutama dibidang pertanian pangan, hortikultura, pariwisata dan jasa transportasi. “Jelas Dendi.” Core bisnis BUMD ini terutama dibidang pertanian pangan, hortikultura, pariwisata dan jasa transportasi. Melalui BUMD, Pesawaran dengan segala potensinya terutama di bidang pertanian akan difasilitasi terutama dalam hal penyerapan hasil bumi untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain bisnis di bidang pertanian pangan, hortikultura, pariwisata, dan transportasi, saat ini BUMD juga memproduksi Hand sanitizer dan disinfektan untuk membantu mengurangi resiko penyebaran COVID-19 terutama di wilayah Kabupaten Pesawaran. Pada kesempatan ini BUMD Kabupaten Pesawaran juga akan melakukan peluncuran (launching) Pesawaran Trans Kawula dan Wisata (PESAN KITA) yang merupakan sarana transportasi umum yang diperuntukan bagi perpindahan orang dan tujuan wisata.

Diharapkan dengan peluncuran PESAN KITA ini, akan memudahkan akses bagi masyarakat terutama yang ingin mengunjungi kawasan wisata di Kabupaten Pesawaran dan berimplikasi positif terhadap kemajuan pariwisata di Kabupaten Pesawaran.”Ungkapnya. “sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Lampung yang telah hadir bersama kita disini dan atas kesediannya untuk meresmikan pembukaan Agrowisata Melon Semangka sekaligus launching PESAN KITA.”Tutupnya. (Sabirohman)

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *