Alhamdulillah Hasil Tes Swab 14 Orang Diduga Kontak Erat Pada Kasus 01 Covid-19 Negatif

Spread the love
64 Dilihat Dan Dibaca

TRABASS.NET, TANGGAMUS – Gugus Tugas Covid-19 Tanggamus Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE. MM,. Wabup AM. Safi’i, Kajari Tanggamus David P. Duarta SH., MH. Kodim 0424/ Tgm Kapt. Inf. Adi Hartono, Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, Kaban BPBD Ediyan M. Toha serta Kepala OPD jajaran Pemda Tanggamus adakan Konfrensi Pers menyampaikan hasil swab terhadap 14 orang yang dikirim ke Laboraterium Kesehatan di Palembang.

Terkait hasil test swab terhadap orang yang kontak erat dengan korban kasus 01 yaitu 14 orang, 13 orang di Pulau Panggung yang kontak erat dengan jenazah dan 1 orang di Kota Agung karyawan PT. Pelindo dilakukan test swab dengan metode PCR hasil test swabnya negatif.

Menurut, Bupati berdasarkan hasil pemeriksaan dari Laboratorium Kesehatan Palembang pada tanggal 21 Mei 2020. Berdasarkan pemeriksaan sampel Swab dari RS Mitra Husada Pringsewu bahwa sampel yang berasal Kabupaten Tanggamus dinyatakan positif Covid-19.

Dan oleh Gugus Tugas Covid-19 dinyatakan oleh kasus 1 atau 01. Berdasarkan kasus tersebut, GTTP Tanggamus melakukan tracking penelusuran terhadap kontak erat baik keluarga maupun orang-orang yang berhubungan langsung dengan almarhum.

Termasuk orang-orang yang mengurus jenazah pada saat pemakaman, dari hasil telusur sebagai berikut, Pertama; Terdapat kontak yang dilakukan rapid test sebanyak 25 orang dan semua hasilnya Non Reaktif / Negatif.

Kedua; Terhadap kontak erat yang mengurus jenazah dan juga kontak erat lainnya dilakukan pemeriksaan swab dengan metode PCR pada tanggal 22 – 23 Mei 2020 dan langsung dikirimkan ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung pada tanggal 23 Mei 2020.

Ketiga; Pada tanggal 22 – 23 Mei 2020, tim Gugus Tugas mengambil sampel Swab terhadap pegawai PT. Pelindo Pelabuhan Kapal Teluk Semaka Kota Agung, dan pada tanggal 23 Mei 2020 dikirim ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung.

“Keempat, Berdasarkan hasil pemerikaaan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Nomor 800/58/V/POS.027/V/2020 tanggal 26 Mei 2020 dinyatakan bahwa Sampel Swab yang dikirim dari Kabupaten Tanggamus dengan rincian, dari Kecamatan Pulau Panggung sebanyak 13 sampel. Kota Agung 1 Sampel. Dan seluruhnya dinyatakan Negatif,” ungkap Bupati dalam konfrensi pers.

Bunda Dewi meminta masyarakat untuk tenang dan tetap menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid19.

“Tetap memakai masker, selalu menjaga jarak, menghindari keramaian atau kerumunan, membiasakan mencuci tangan atau handsanitizer,” himbaunya.

Bupati menegaskan, apabila masyarakat merasa ada gejala-gejala seperti batuk atau sesak nafas agar segera mengubungi aparat pekon, petugas gugus tugas pekon dan petugas kesehatan.

“Tentunya hal itu untuk dilakukan penafsiran dan monitoring status kesehatannya,” ungkapnya.

Bupati menghimbau masyarakat untuk memberikan suport dan dukungan terhadap keluarga terkonfirmasi Covid-19. “Tetaplah bersikap humanis, dan jangan menghindari mereka secara berlebihan,” tegasnya.

“Kami juga meminta masyarakat tetap tenang, namun menatati himbauan pemerintah sehingga semua terhidar dari Covid-19,” ujarnya.

(Yudi)

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *