Iwan Marzuli Akan Gelontorkan Dana Desa 277 Juta Untuk Masyarakatnya Terkait Pandemi Covid-19

Spread the love
593 Dilihat Dan Dibaca

TRABASS.NET | PESAWARAN – Desa Pampangan laksanakan Rapat Desa Khusus, menindaklanjuti Surat Camat Gedong Tataan No. 410/31/VII.01/IV/2020 tentang Petugas Pencatat Pendataan terkait Penyaluran BLT-DD di Balai Desa Pampangan, Sabtu (18/04/2020).

Dalam rangka pembahasan kompensasi bagi warga miskin Desa Pampangan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran yang di sumber dana kan dari Dana Desa sesuai ketentuan peraturan mentri desa dalam hal tunjangan dampak Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan Rapat Desa Kepala Desa Pampangan Iwan Marzuli, Sekdes Pampangan Imtiaz Fanani, Ketua TP-PKK Desa Pampangan Dewi Marzuli, Babinkantibmas Bripol A.Rohman, Babinsa Serda Rusdi, Bumairo Anggota DPRD Pesawaran, Pemuka Agung Tokoh Adat, Samsurizal Tokoh Pemuda dan Para Peserta Undangan.

Kegiatan rapat di warnai masukan sesi tanya jawab berupa usulan-usulan dari warga peserta yang hadir dalam rapat. Ada tiga masukan yang terkutif diantaranya :

  • Pertama, agar dana di bagi kan secara merata sesuai jumlah KK yang ada di desa.
  • Yang kedua, Dana di bagikan sesuai ketentuan yang ada sesuai aturan kementrian desa.
  • Yang ketiga, bagi yang mendapat PKH dan Raskin Tidak dapat bantuan dana tersebut.

Dana yang di rencanakan akan di gelontorkan Kepala Desa sebesar 600 ribu untuk 150 orang penerima, dengan total dana yang di ambil dari Dana Desa dengan jumlah 277 juta selama 3 bulan kedepan mulai dari bulan April, Mei dan Juni 2020.

“Alhamdulillah pada hari ini Kita sudah melaksanakan perintah dari Surat Bupati, yaitu segera melaksanakan musyawarah Desa khusus terkait bantuan tunai Covid-19 ini yang alhamdulillah dihadiri oleh semua elemen masyarakat yaitu terkait pembentukan tim pendata dan tim validasi untuk calon penerima bantuan tunai dari dana desa sesuai dengan amanah undang-undang.” Ungkap Kades

Iwan marzuli juga menjelaskan kriteria penerima dana bantuan tersebut sesuai undang-undang dan ketentuan dari kementrian desa, dan ini baru perencanaan pendataan serta pembentukan tim pelaksananya. Rencananya setelah verifikasi pendataan selesai di lakukan oleh Tim, dana akan segera di serahkan ke penerima langsung melalui rekening masing-masing.

“Kita akan menggelontorkan dana 30% dari Dana Desa karena kita masih dalam katagori yang penerima di atas 800 juta kita akan menggelontorkan 30% dari total dana yang kita terima. Adapun total Dana Desa yang kita terima Desa Pampangan itu sendiri yaitu 925 juta sudah kita kalkulasi 30% dari 925 juta itu kisaran antara 277 juta rupiah, artinya kita gelontorkan maksimal dan hasil dari pada tim verifikasi itu nanti artinya sesuai dengan amanat undang-undang sesuai dengan kriteria yang memenuhi syarat itulah hasil yang akan diakomodir oleh Dana Desa tersebut untuk penerima itung-itungan kita di atas kertas dari total 277 juta itu terdapat atau bisa mengakomodir 150 KK apabila memenuhi syarat (catat ya) yang sudah ditentukan oleh pemerintah dari 9 kriteria itu setelah ini karena tim sudah dibentuk tugas dan tanggung jawab kita serahkan sepenuhnya kepada tim yang telah kita bentuk dan tetap koordinasi dengan Kepala Desa. Kepala Desa sebagai pengawasan dan monitoring bersama BPD serta relawan lain, jumlah tim pencatat penerima bantuan itu berjumlah 16 orang yang diketuai oleh Bapak Samsul Rizal. Dana Secepatnya akan kita salurkan setelah tim verifikasi sudah selesai mendata si penerima bantuan dan dana bantuan akan langsung masuk ke rekening calon penerima BLT.” Jelasnya

(Sabirohman)

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *