Virus Corona Berdampak Bagi Ekonomi Rakyat Kecil

Spread the love
348 Dilihat Dan Dibaca

Trabass.Net, Pesawaran – Akibat Wabah Virus Corona (Covid-19) yang menghantui hampir sebagian masyarakat di wilayah Kabupaten Pesawaran, sangat berpengaruh bagi perekonomian masyarakat bawah, Rabu (25/03/2020).

Akibat Virus Corona (Covid-19) Seluruh Masyarakat di sarankan untuk mengurangi kegiatan sosial dan kegiatan lainnya yang bersifat perkumpulan masa di luar rumah, demi menjaga penyebaran virus corona.
Akibat arahan ini sangat berpengaruh bagi masyarakat bawah yang ekonominya minim.

Seperti yang di ungkapkan oleh warga Kedondong Pesawaran Asrori (50 tahun) yang kesehariannya bekerja sebagai buruh ojek di Pasar Kedondong. Sejak di umum kannya Maklumat larangan keluar rumah oleh pemerintah membuat situasi pasar menjadi sepi, secara otomatis tidak ada orang yang akan memakai jasa ojeknya dan penghasilannya pun menurun dengan draktis. Sementara dia harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari bersama ketiga orang anak istrinya.

“Saya binggung kalau sudah begini, penghasilan saya menurun secara draktis dari hari-hari sebelumnya. Pasar sepi dari pengunjung, ini aja saya belum dapet duit sama sekali.” Ungkap Asrori

Pria 4 anak ini menunjukan raut wajah sedih dan binggungnya karna hendak kemana ia harus mencari uang untuk menafkahi keluarganya. Mungkin Asrori mewakili masyarakat lainnya yang kondisi perekonomiannya sama dengan dirinya.

“Saya sih berharap pemerintah dapat memberikan solusinya tentang ekonomi masyarakatnya.” Harapnya

Menyikapi hal tersebut, Ketua LSM GARDA P3ER Kabupaten Pesawaran Sabturizal merasa perihatin dengan kondisi masyarakat bawah pada saat ini. Menginggat situasi kondisi saat ini memang kita semua menggalami hal yang sama . Pemerintah juga sama halnya dengan masyarakat .

“Saya sangat terharu sekali dengan kondisi saat ini dimana kita harus berdiam di rumah mengurangi aktifitas di luar rumah yang akan berujung pada perkumpulan massa. Namun di sisi lain kita harus mengais rezeki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kalau yang memiliki stock pangan di rumah yang cukup, mungkin aman-aman aja. Tapi bagi mereka yang tak memiliki stock pangan dirumah, ini yang menjadi persoalan. Mudah-mudahan Pemerintah dapat mencari solusi yang bijak untuk menyikapi hal tersebut.” Ungkap Ketua Garda

(Sabirohman)

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *