Sab. Jan 22nd, 2022
Spread the love

JITULAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Wabah virus corona atau yang lebih dikenal Corona Virus Disease 19 (COVID-19), semakin berkembang penyebarannya, tidak luput juga di Kabupaten Pesisir Barat.

Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Pesisir Barat mengapresiasi cepat tanggapnya PemKab Pesibar, dalam hal ini terkait kebijakan Bupati H Agus Istiqlal yan telah mengeluarkan kebijakan daerah perihal pandemi ini. Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, SH., MH. nomor 440/0762/IV.02/2020 tertanggal 16 Maret 2020 tentang Kesiapsiagaan Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) di Kabupaten Pesisir Barat.

Dan langsung direspon oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat telah mengambil langkah cepat dengan mengeluarkan instruksi dan membangun jaringan komunikasi khusus antar satuan kerja terkait khususnya yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, SKM., SH., MM. menyampaikan bahwa pihaknya telah membagikan 1 (satu) box masker (50pcs) dan 1 (satu) botol handsanitizer (500ml) kepada semua Satuan Kerja, Kecamatan, Polsek, Koramil, Cabjari, Samsat serta Kantor Pemerintah lainnya khusus yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik. Dikarenakan keterbatasan stok maka Jumlah tersebut saat ini yang dapat dibagikan oleh Dinas Kesehatan Pesisir Barat.

Selain itu, tenaga kesehatan juga telah melakukan koordinasi dengan tim PORA (Pengawasan Orang Asing) untuk mengunjungi hotel, homestay atau villa dan langsung mengambil tindakan dengan memeriksa keadaan kesehatan wisatawan asing yang ada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Disamping itu juga, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat juga telah menempatkan tim kesehatan di Bandara Muhammad Taufik Kiemas Pekon Seray untuk memeriksa penumpang pesawat yang masuk ke wilayah Kabupaten Pesisir Barat.Selain itu, Dinas Kesehatan Pesisir Barat juga melakukan pemasangan banner dan spanduk tentang pencegahan covid-19 ditempat tempat pelayanan kesehatan dan fasilitas publik lainnya.

Hendrik Gunawan salah satu anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Pesisir Barat mengatakan,” Kami dari Fraksi NasDem sangat mengapresiasi cepat tanggapnya Pemkab Pesibar, tentu upaya ini adalah salah satu bentuk hadirnya negara, khususnya di Pesisir Barat terkait wabah ini.

” Terkait pembagian masker dan handsanitizer oleh Dinas Kesehatan ini, kami berharap tidak hanya kantor pemerintah saja, tapi bisa diperluas ke sekolah sekolah (SD,SMP,SMA) , kantor-kantor Peratin, bahkan kalau memungkinkan dibagikan ke seluruh masyarakat Pesisir Barat,” tutur Hendrik.

Terakhir kami dari Fraksi Nasdem DPRD Pesisir Barat berharap wabah ini segera bisa ditangani dan kami berharap masyarakat Pesisir Barat tetap tenang,”tutup Hendrik Gunawan.

(Red)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *