Sen. Okt 3rd, 2022
Spread the love

JITULAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – di GSG Selalaw, Labuhan Jukung Krui Selasa, 18 februari 2020

Plt. Kepala Dinas Kominfo Pesisir Barat Tedi Zadmiko, SKM., SH., MM Menginformasikan bahwa acara ekspose capaian hasil pembangunan dalam rangka memperingati 4 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat sebagai pelaksanaan tahun keempat RPJMD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2016-2021. Acara pada hari ini diharapkan bukan semata acara seremonial, namun juga sebagai refleksi terhadap seluruh capaian hasil pembangunan di negeri para saibatin dan para ulama.

Selain Bupati Pesisir Barat, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pesisir Barat, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Unsur Forkopimda Kabupaten Pesisir Barat dan Kabupaten Lampung Barat, Sekretaris Daerah beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan Pesisir Barat, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Direkrur BUMD PT. Krui Sukses Mandiri (PERSERODA), para Camat dan Peratin, Para Saibatin, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat se-Kabupaten Pesisir Barat, Insan Pers dan tamu undangan.

Kepala Bappeda Drs. Zukri Amin MP dalam laporannya tentang capaian hasil-hasil pembangunan Kabupaten Besisir Barat selama pelaksanaan tahun keempat RPJMD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2016-2021. Laporan tersebut merupakan rangkuman capaian kerja dan kinerja yang telah saya dan segenap Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat raih dalam kurun waktu dimaksud. Capaian-capaian tersebut adalah bukti nyata dari kita untuk terus berbuat nyata dalam pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat.

Adapun capaian-capaian kinerja tersebut antara lain:
Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2015 sebesar 4,94 persen menjadi 5,35 persen pada tahun 2018. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan pembangunan daerah pada sektor Ekonomi masyarakat.
Indeks pembangunan manusia pada tahun 2015 sebesar 60,55 poin menjadi 62,96 poin pada tahun 2018.

Rasio elektrifikasi berdasarkan jumlah rumah tangga dari 47,51% pada tahun 2015 menjadi 68,95% pada tahun 2019, sedangkan untuk persentase per pekon telah mencapai 96%. Keberhasilan ini merupakan hasil dari usaha kita dalam memberikan subsidi listrik kepada masyarakat juga keberhasilan menyediakan listrik PLN Bagi masyarakat Pulau Pisang melalui jaringan kabel bawah laut.

Untuk masyarakat Way Haru akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini, sehingga nantinya seluruh Pekon akan teraliri listrik. Capaian di bidang Komunikasi Informatika ditandai dengan Jangkauan Layanan Komunikasi dan Internet pada tahun 2019 telah mencapai 100% menjangkau seluruh Daerah di Kabupaten Pesisir Barat.

Sebagaimana kita ingat, terakhir kita telah berhasil menyediakan layanan Komunikasi ke Daerah Way Haru sekitarnya dengan berhasilnya kita mendapatkan bantuan 3 BTS Universal Service Obligation (USO) Dan Akses Internet Gratis yang telah terpasang di 31 titik public area, serta telah dibangunkannya 42 website OPD yang merupakan sub domain dari pesisirbaratkab.go.id.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Barat pada tahun 2016 sebanyak 166.283 orang meningkat menjadi 203.173 orang pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan event-event yang kita laksanakan, mulai dari Krui Fair hingga Surfing Internasional (Krui Pro) yang rutin berlangsung.

Dari sisi Pemerintahan dapat diukur dari nilai SAKIP yang mendapatkan nilai C pada tahun 2016 menjadi CC pada tahun 2018, sementara untuk opini BPK pada tahun 2016 dengan predikat disclaimer telah meningkat menjadi WDP pada tahun 2018. Keberhasilan yang dicapai tentu saja bukan merupakan prestasi kami sendiri, ada peran nyata dari unsur-unsur lain. Mulai dari DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Forkopimda Kabupaten Pesisir Barat, para pelaku Ekonomi Daerah, segenap Sai Batin, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Insan Pers, Masyarakat dan segenap Pemangku Pembangunan Daerah.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.