Petani Sawah Desa Pampangan Minta Tanggul Sawah/Siring Mereka di Bangun

Spread the love
182 Dilihat Dan Dibaca

TRABASS.NET, PESAWARAN – Sekertaris LSM Aliansi Kabupaten Pesawaran Yasri Bais Minta Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Bangun tanggul sawah serta siring yang sudah tak layak, Sabtu (15/02/2020).

Berdasarkan laporan masyarakat petani Desa Pampangan Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, Sekertaris LSM Aliansi Kabupaten Pesawaran Yasrin bais meminta Dinas Pertanian kabupaten Pesawaran membangun tanggul sawah milik masyarakat petani yang rusak.

Menurut keterangan salah satu petani (Kosim) yang sawahnya pinggir kali tersebut hampir setiap tahun nya mengalami jebol karna tidak ada kekuatan. Melalui kelompok tani mereka sudah sering mengajukan pembangunan melalui Dinas Pertanian namun sampai saat ini tidak pernah terealisasi alis tak ada tanggapan positif dari dinas tersebut.

“Kami mohon kepada Dinas Pertanian kabupaten pesawaran agar dapat berbagi rasa dengan masyarakat, tolong di talut siring sawah mereka, kasian masyarakat, karna akibat kerusakan tanggul sawah mereka itu , sampai – sampai petani pernah mengalami gagal panen karna air yang ada di area sawah mereka hayut karna tanggulnya jebol.” ungkap Yasrin .

Begitu juga saat musim penghujan, debit air yang tinggi susah di kendalikan karna kondisi siring nya juga rusak dan tak ada bahu siring.sehingga air bebas mengalir kemana-mana .

“Dulu tahun 2018 pernah mau di survey oleh petugas dari Dinas Pertanian, namun sampai saat ini tidak ada satu orang pun yang datang ke lokasi.” jelas Kosim.

(Sabirohman)

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *