Ketua DPRD Pesibar Berharap Bantuan Alsintan Untuk Petani, Mampu Meningkatkan Produktifitas Petani di Pesibar

Spread the love
79 Dilihat Dan Dibaca

TRABASS.NET, PESISIR BARAT – Ketua DPRD Pesisir Barat, Nazrul Arif ikut hadir dalam Acara Temu Lapang dan Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020, di Kecamatan Pesisir Selatan, Selasa (11/02/2020).

Dalam acara ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menyerahkan bantuan untuk para Kelompok Tani yaitu berupa Hand Traktor sebanyak 10 unit, Pompa Air sebanyak 40 unit, Cultivator sebanyak 5 unit dan Hand Sparayer sebanyak 16 buah, Dalam Kesempatan ini, Nazrul Arif ketika ditemui disela sela acara berharap bantuan alat mesin pertanian ini bisa mampu menunjang kegiatan pertanian petani kita, karena seperti diketahui bahwa sektor pertanian adalah tulang punggung perekonomian di Kabupaten kita ini”.

Masih lanjut Udo Nazrul, panggilan akrab Ketua DPRD ini, seperti disampaikan Bupati Pesisir Barat H. Agus Istiqlal, dalam sambutannya yang diwakili Sekda Ir. N. Lingga Kusuma, bahwa Kabupaten Pesisir Barat mempunyai Luas Lahan Pertanian yang dimanfaatkan kurang lebih 65.349 ha, dimana 8.745 ha diantaranya merupakan lahan sawah dan 20.553 ha merupakan tegalan. Rata-rata Produksi padi tiap tahun sekitar 88.246 ton Gabah Kering Giling (GKG) dan Jagung sekitar 27.516 ton. Produktivitas padi sawah rata-rata Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019 yang lalu sebesar 5,01 ton/ha, akan tetapi di beberapa daerah hasil pengukuran dengan ubinan dapat mencapai 5,9 ton/ha.

Pada tahun 2020 ini telah diprogramkan sasaran produksi padi sebesar 117.870 ton, jagung sebesar 28.783 ton dan kedelai 3.440 ton. Untuk mencapai sasaran produksi yang telah ditetapkan, perlu adanya upaya strategi pencapaian sasaran tersebut, yaitu melalui peningkatan produktivitas padi dan peningkatan luas tanam padi.”Tentu ini perlu perhatian khusus, kami di legislatif akan terus mendorong PemKab Pesisir Barat melakukan lompatan lompatan kerja, sehingga Negeri Sai Batin Dan Para Ulama ini mampu sejajar dengan Kabupaten yang lain,” tutup Nazrul Arif.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Author: trabass.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *